Thursday, January 29, 2015

manfaat daun sirih merah sebagai obat

manfaat daun sirih merah sebagai obat Senyawa fitokimia yang terkandung dalam merah alkoloid daun sirih, saponin, tanin, dan flavonoid. Menurut Ivorra, MD dalam buku A Review of Natural Products dan Tanaman sebagai Potensi antidiabetes, senyawa
alkoloid aktif dan flavonoid memiliki aktivitas hipoglikemik atau menurunkan kadar glukosa darah. Hara (1993) menyatakan tanin dan senyawa saponin dapat digunakan sebagai antimikroba (bakteri dan virus).

Ciri khas tanaman tropis ini, berbatang bulat hijau keunguan dan berbunga. Daun adalah bentuk bertangkai jantung dan meruncing atas. Glossy permukaan daun dan tidak merata. Seperti sirih hijau, tanaman sirih merah juga tumbuh merambat di pagar atau pohon. Getar daun rasa pahit, tetapi lebih wangi beraroma daripada sirih hijau. Ketika robek, daun sirih merah berlendir.

Tanaman sirih merah menyukai warna, udara sejuk dan sinar matahari 60-75 persen. Tanaman sirih merah tumbuh subur dan bagus di pegunungan. Ketika tumbuh di daerah yang hangat, sinar matahari langsung, batang mengering dengan cepat. Selain itu, daun merah akan memudar. Meskipun kemungkinan kegunaan terletak pada senyawa kimia yang terkandung dalam daun merah.

No comments:

Post a Comment